Senin, 24 Juni 2013

Ujian sebagai Karunia Allah



Punya masalah itu berkah. Karena masalah, kita jadi kembali dekat dengan Allah. Karena masalah, kita jadi ingat Allah. Karena masalah, dosa-dosa diampuni. Ada orang-orang yang bertaubat, kembali ke jalan Allah, tapi malah masalahnya makin banyak. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ketahuilah, sesungguhnya itu tanda dari Allah bahwa do’anya sedang dikabul. Dia ingin dosanya diampuni kan? Berarti dia harus menjalani proses ‘pencucian’ dulu dari Allah.

Dicuci itu bukan perkara gampang. Pakaian kotor yang ingin dibersihkan, harus melewati beberapa tahap dulu, baru dia bisa benar-benar bersih.

Pertama, ia harus direndam dulu. Direndamnya di mana? Di air yang sudah dicampur dengan detergen. Setelah direndam, dikucek. Emang enak dikucek? Insya Allah, perih. Perasaan itu juga yang kita rasakan saat kita mendapatkan bertubi-tubi permasalahan hidup, sesungguhnya, Allah sedang ‘mengucek’ dosa-dosa kita.

Setelah dikucek, apakah penderitaan sudah selesai? Belum. Setelah dikucek, dibilas, lalu diperas. Bagaimana rasanya diperas? Insya Allah, lagi-lagi menyakitkan. Apakah kita harus berontak? Jangan, kalo berontak, bisa-bisa malah robek dan jauh lebih menyakitkan. Ikhlas aja, terima apa yang sudah menjadi ketentuan Allah. Kenapa kita seringkali terjerumus makin dalam? Karena kita banyak mengeluh dan memprotes ketentuan Allah. Ikhlas aja, insya Allah semua akan terlewati.

Setelah diperas, apakah proses pencucian selesai? Belum. Langkah selanjutnya, dijemur. Setelah dijemur, apakah sudah selesai? Langkah terakhir adalah disetrika. Dua langkah terakhir tersebut, insya Allah panas. He He He.

Jika kita bisa ikhlas menjalani semua ‘proses pencucian’ tersebut, insya Allah setelah itu kita akan bangkit dalam keadaan sudah bersih. Sebaliknya, jika kita protes dan berontak, proses pembersihan akan makin lama. Dan kemungkinan terburuk, bukannya bersih, malah robek. Naudzubillah.

Ikhlaslah menerima segala ketentuan Allah. Lebih baik kita dicuci di dunia daripada di akhirat. Selama ujian datang, tetaplah dekat dengan Allah. Tetaplah pasrah kepada Allah. Dengan begitu, insya Allah, proses pencucian akan lebih mudah.

Semoga dosa-dosa kita diampuni oleh Allah. Aamiin.

http://videoyusufmansur.com/blog/mencuci-pakaian-kotor/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar